Webometrics "Ranking Web of Universities"


Tentang Webometrics

Webometrics adalah sebuah produk dari hasil inisiatif Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) yaitu badan penelitian public terbesar yang terletak di Spanyol.

CSIC merupakan salah satu basic research organizations pertama di Eropa pada tahun 2006 dari 126 pusat-pusat dan lembaga yang terdistribusi di seluruh Spanyol.

CSIC melekat pada Departemen Pendidikan dan tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan penelitian ilmiah untuk meningkatkan kemajuan tingkat ilmiah dan teknologi dari negara yang akan memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan warga.


Metodelogi Pemeringkatan

Dalam melakukan proses pemeringkatan perguruan tinggi, Webometric memiliki metode tersendiri sebagai berikut :

  • VISIBILITY(50%)

    Impact : Jumlah link eksternal yang diterima oleh domain resmi perguruan tinggi dari situs lain. Untuk meminimalisir kesalahan dan data bisa terkoreksi dengan benar, maka Webometric mengumpulkan data jumlah link tersebut dari 2 situs yaitu Majestic SEO dan Ahrefs. Indikator hasilnya adalah penjumlahan jumlah external inlink dengan jumlah domain yang menghasilkan external inlink tersebut, kemudian dimasukkan dalam akar pangkat dua

  • ACTIVITY(50%)

    Presence (1/3) : Jumlah halaman situs domain perguruan tinggi yang dapat dicari oleh mesin pencari Google, baik halaman situs yang bersifat statis maupun dinamis. Jumlah ini mewakili halaman situs perguruan tinggi yang aktif dan diperbarui.

    Openness (1/3) : Jumlah file penelitian dalam format tertentu (*pdf, *doc, *ppt, *ps) yang terindeks dalam Google Scholar dan diterbitkan dalam kurun waktu mulai 2008 hingga sekarang. Jumlah file ini nantinya yang akan mewakili usaha perguruan tinggi dalam mendukung publikasi hasil penelitian.

    Excellence (1/3) : Jumlah paper akademik berkualitas, yang dipublikasikan dalam jurnal yang memiliki reputasi internasional. Webometric mengambil data tersebut dari Scimago grup, yang menyediakan data yang tidak kosong untuk 5200 institusi perguruan tinggi. Untuk memperoleh jumlah paper yang berkualitas tersebut, Webometric mengeluarkan indikator penilaian yaitu 10% dari jumlah paper yang paling banyak disitasi.


  • Sejarah

    Web Ranking atau Webometrics adalah pemeringkatan akademis terbesar Lembaga Pendidikan Tinggi. Sejak tahun 2004 dan setiap enam bulan independen, objektif, bebas, terbuka. Prenelitian dilakukan oleh Cybermetrics Lab untuk menyediakan informasi yang handal, multidimensi, diperbarui dan berguna tentang kinerja perguruan tinggi dari seluruh dunia berdasarkan statistic Web mereka.

    Cybermetrics Lab telah mengembangkan penelitian kuantitatif pada web akademik sejak pertengahan tahun sembilan puluhan. Indikator pertama disajikan selama konferensi EASST / 4S di Bielefeld (1996) dan pengumpulan data web dari universitas Eropa dimulai pada tahun 1999 didukung oleh EICSTES proyek yang didanai Uni Eropa. Upaya ini merupakan tindak lanjut dari penelitian scientometric Webometrics dimulai pada tahun 1994 yang telah disajikan dalam konferensi Masyarakat Internasional untuk Scientometrics dan Informetrics (ISSI, 1995-2011) dan Konferensi Internasional tentang Sains dan Indikator Teknologi (STI-ENID, 1996-2012) dan diterbitkan di jurnal dampak tinggi (Journal of Informetrics, Journal of American Society for Ilmu Informasi dan Teknologi, Scientometrics, Jurnal Ilmu Informasi, Informasi Pengolahan & Manajemen, Evaluasi Penelitian dan lain-lain). Pada tahun 1997 Webometrics mulai edisi akses terbuka peer-review jurnal semua-elektronik, Cybermetrics, yang ditujukan untuk publikasi webometrics terkait kertas.

    Pada tahun 2003 setelah publikasi peringkat terobosan Shanghai Jiatong University, Ranking Akademik Universitas Dunia (ARWU), Webometrics memutuskan untuk mengadopsi inovasi utama yang diusulkan oleh Liu dan timnya. peringkat akan dibangun dari data web yang tersedia untuk publik, menggabungkan variabel menjadi indikator komposit, dan dengan cakupan global sejati. Edisi pertama diterbitkan pada tahun 2004, muncul dua kali per tahun sejak tahun 2006 dan setelah 2008 portal juga termasuk webometrics peringkat untuk pusat penelitian, rumah sakit, repositori dan sekolah bisnis.


    Visi dan Misi

    Tujuan asli dari Ranking adalah untuk mempromosikan kehadiran web akademik, mendukung inisiatif akses Terbuka untuk meningkatkan secara signifikan transfer pengetahuan ilmiah dan budaya yang dihasilkan oleh perguruan tinggi untuk seluruh Masyarakat. Untuk mencapai tujuan ini, publikasi peringkat adalah salah satu alat yang paling kuat dan sukses untuk memulai dan mengkonsolidasikan proses-proses perubahan dalam dunia akademis, meningkatkan komitmen para ulama 'dan menyiapkan strategi jangka panjang sangat dibutuhkan

    Tujuannya bukan untuk mengevaluasi website, desain atau kegunaan atau popularitas isinya sesuai dengan jumlah kunjungan atau pengunjung. Indikator web dianggap sebagai proxy dalam yang benar, komprehensif, evaluasi yang mendalam tentang kinerja global Universitas, dengan mempertimbangkan kegiatan dan output serta relevansi dan dampaknya.

    Pada akhirnya peringkat terpercaya hanya mungkin jika kehadiran web adalah cermin dipercaya universitas. Pada dekade kedua abad ke-21 Web adalah kunci untuk masa depan semua misi universitas, karena sudah merupakan alat yang paling penting ilmiah komunikasi, saluran masa depan untuk luar kampus pembelajaran jarak jauh, forum terbuka untuk keterlibatan masyarakat dan showcase universal untuk menarik bakat, dana dan sumber daya


    Filsafat dan justifikasi

    Webometrics hanya menerbitkan Ranking unik Universitas di setiap edisi. Kombinasi indikator adalah hasil dari penyelidikan yang cermat dan tidak terbuka untuk memilih individu oleh pengguna tanpa pengetahuan yang cukup atau keahlian di bidang ini. penerbit lain menyediakan serangkaian peringkat sangat berbeda menggunakan data yang sama persis dengan cara yang berbeda yang benar-benar berguna dan sangat membingungkan.

    Webometrics adalah peringkat semua universitas di dunia, tidak hanya beberapa ratus lembaga dari negara maju. Tentu saja, Universitas "World Class" biasanya tidak lembaga kecil atau sangat khusus.

    Webometrics terus meneliti untuk meningkatkan peringkat, mengubah atau berkembang indikator dan model pembobotan untuk memberikan klasifikasi yang lebih baik. Ini adalah rasa malu bahwa beberapa peringkat menjaga stabilitas antara edisi tanpa mengoreksi kesalahan o tuning up indikator.

    Peringkat didukung oleh perusahaan nirlaba mengeksploitasi bisnis terkait rank atau dengan hubungan politik yang kuat tercermin dalam jajaran individu harus diperiksa dengan hati-hati.

    Penelitian hanya (bibliometrics) berdasarkan peringkat yang bias terhadap teknologi, ilmu komputer, ilmu sosial dan humaniora, disiplin yang biasanya berjumlah lebih dari setengah dari para ulama dan mahasiswa di universitas yang komprehensif standar. Webometrics juga mengukur, secara tidak langsung, misi lain seperti mengajar atau yang disebut misi ketiga, mengingat tidak hanya dampak ilmiah dari kegiatan universitas, tetapi juga relevansi ekonomi transfer teknologi untuk industri, keterlibatan masyarakat (sosial, budaya, peran lingkungan) dan bahkan pengaruh politik.

    Webometrics menggunakan analisis link untuk evaluasi kualitas seperti itu adalah alat yang jauh lebih kuat daripada analisis kutipan atau survei global. Dalam kasus pertama, bibliometrics hanya menghitung pengakuan formal antara rekan-rekan, sementara link tidak hanya mencakup kutipan bibliografi tetapi juga keterlibatan pihak ketiga dengan kegiatan universitas. Survei bukan alat yang cocok untuk Tingkatan Dunia sebagai bahkan tidak ada satu individu dengan yang mendalam (beberapa semester per institusi), multi-institusi (beberapa lusin), multidisiplin (ilmu keras, biomedis, ilmu sosial, teknologi) pengalaman di perwakilan sampel (benua yang berbeda) dari universitas di seluruh dunia.

    hasil penelitian juga topik kunci untuk Webometrics, tetapi termasuk tidak hanya formal (e-jurnal, repositori) publikasi tetapi juga komunikasi ilmiah informal. Publikasi web lebih murah, mempertahankan standar kualitas yang tinggi dari peer review proses. Hal ini juga bisa menjangkau pemirsa potensial yang jauh lebih besar, yang menawarkan akses ke pengetahuan ilmiah para peneliti dan lembaga yang terletak di negara-negara berkembang dan juga untuk pihak ketiga (ekonomi, pemangku kepentingan industri, politik atau budaya) dalam komunitas lokal mereka.

    Webometrics bermaksud untuk memotivasi kedua lembaga dan sarjana untuk memiliki kehadiran web yang mencerminkan secara akurat kegiatan mereka. Jika kinerja web dari sebuah institusi di bawah posisi yang diharapkan sesuai dengan keunggulan akademik mereka, pihak universitas harus mempertimbangkan kembali kebijakan web mereka, mempromosikan peningkatan substansial dari volume dan kualitas publikasi elektronik mereka.

    calon mahasiswa harus menggunakan kriteria tambahan jika mereka mencoba untuk memilih universitas. Webometrics Peringkat berkorelasi dengan baik dengan kualitas pendidikan yang diberikan dan prestise akademik, namun variabel non-akademik lain yang perlu diperhitungkan.

    Mungkin salah satu kontribusi utama dari Ranking Shanghai adalah untuk memperkenalkan indikator komposit, menggabungkan dengan sistem pembobotan serangkaian indikator. indeks bibliometrik tradisional yang dibangun pada rasio seperti Faktor Dampak Journal Garfield yang berdasarkan variabel berikut kuasa hukum distribusi tidak berguna untuk menggambarkan skenario besar dan kompleks. The Ingwersen usulan pada tahun 1997 untuk Web dirancang sama Factor Impact (WIF) menggunakan link / halaman web (L / W) rasio sama-sama ditakdirkan oleh artefak matematika yang menghasilkan.

    Mengikuti model Shanghai Webometrics mengembangkan indikator mengubah rasio L / W ke dalam rumus berikut aL + BW, di mana L & W harus dinormalisasi terlebih dahulu dan & b bobot menambahkan 100%. Webometrics sangat tidak dianjurkan penggunaan WIF karena kekurangan parah. Indikator komposit dapat dirancang dengan set yang berbeda dari variabel dan bobot sesuai dengan kebutuhan pengembang dan model.


    Desain dan Indikator Bobot

    Webometrics menggunakan "a-priori" model ilmiah untuk membangun indikator komposit. peringkat lainnya memilih bobot yang sewenang-wenang untuk variabel sangat tergantung dan bahkan menggabungkan nilai-nilai baku dengan rasio. Tak satu pun dari mereka mengikuti rasio logis antara kegiatan yang berhubungan dan mempengaruhi variabel yang terkait, yaitu masing-masing kelompok yang mewakili 50% dari total bobot. Mengacu pada variabel individu, beberapa dari mereka memiliki nilai lebih besar dari nol untuk hanya beberapa universitas dan lain-lain memisahkan universitas sesuai dengan perbedaan begitu kecil bahwa mereka bahkan lebih rendah dari tingkat kesalahan mereka.

    Sebelum kombinasi nilai-nilai harus dinormalisasi, tetapi praktek menggunakan persentase sebagian besar tidak benar karena distribusi kuasa hukum dari data.

    Webometrics log-menormalkan variabel sebelum menggabungkan menurut rasio 1: 1 antara aktivitas / kehadiran dan visibilitas / kelompok dampak indikator.


    Kelebihan dan kekurangan

    Cakupan. Webometrics adalah peringkat terbesar dengan jumlah HEIs analyzed, tetapi tidak ada klasifikasi jenis kelembagaan yang berbeda, sehingga universitas riset intensif terdaftar bersama-sama dengan perguruan tinggi atau seminari teologi. Namun peringkat tersebut mensegregasikan semua dari mereka sehingga tidak sulit untuk membangun sub-peringkat bagi mereka yang tertarik.

    misi universitas. Pengukuran langsung dari misi pengajaran hampir tidak layak dan mereka evaluasi berdasarkan survei (subjektif), rasio siswa / sarjana (data tidak dapat diandalkan dan hasil tidak memisahkan) atau hasil kerja (dengan banyak variabel yang terlibat selain kualitas pengajaran) harus dihindari. Webometrics peringkat tidak langsung misi ini menggunakan kehadiran web sebagai indikator komitmen para ulama dengan siswa mereka. Hal ini tidak sempurna tapi masa depan misi ini jelas di arena web dan lembaga atau individu tidak menyadari bahwa kehilangan tanah sangat cepat.

    jumlah besar. Kualitas data tidak hanya tergantung dari sumber yang digunakan, tetapi juga dari jumlah yang terlibat. Misalnya, jumlah perguruan tinggi dengan lebih dari satu Hadiah Nobel mungkin lebih rendah dari 200 (termasuk semua orang diberikan sejak tahun 1900) yang membuat sangat sulit untuk menentukan peringkat mereka dengan benar. Hal yang sama berlaku untuk kutipan data, alat Bibliometrik paling kuat yang memberikan angka dalam urutan ribuan dan puluhan ribu. Data link menawarkan sejumlah besar jauh lebih besar, biasanya dua atau bahkan tiga lipat lebih besar. Tentu indikator web yang ribut tapi statistik mereka lebih cocok untuk mengungkap pola dan diskriminatif jumlah yang lebih besar dari lembaga.

    Tergantung ukuran. Tidak ada perdebatan tentang masalah ini: The peringkat paling populer, termasuk Webometrics, tergantung ukuran, walaupun ukuran tidak mengacu pada jumlah sarjana atau mahasiswa (Harvard atau terutama MIT tidak besar dalam arti bahwa) tapi mungkin ke sumber daya (dana saat ini , pendanaan masa lalu tercermin dalam bangunan, laboratorium atau perpustakaan). Tapi kritik ini tidak benar sebagai benar-benar tidak ada peringkat benar-benar mengukur efisiensi tetapi kinerja global. Kekayaan ekonomi negara-negara dapat diukur dari segi PDB (USA, China, Jepang) atau dalam hal PDB per kapita (Luksemburg, Emirates, Norwegia), kedua indikator yang benar tetapi tujuan mereka sama sekali berbeda.

    praktek penamaan buruk. manajer universitas masih berjuang untuk meyakinkan penulis mereka untuk menetapkan afiliasi yang benar dalam publikasi ilmiah. Situasi tidak jauh lebih baik di Web dengan beberapa ratus lembaga yang memiliki lebih dari satu webdomain pusat, melestarikan domain lama aktif, menggunakan domain alternatif untuk (English) isi internasional atau berbagi domain dengan pihak ketiga. Bahkan di antara universitas-universitas dengan hanya satu domain, banyak dari mereka mengubah domain sering, kadang-kadang tanpa alasan yang jelas baik untuk melakukan hal itu. Situasi relatif umum yang aneh adalah ketika perubahan tersebut adalah untuk mentransfer domain tingkat atas nasional untuk domain ".edu" (yang biasanya mengacu pada sebuah universitas USA!) Bahkan ketika negara memiliki subdomain akademik yang jelas (edu.pl, edu .ua, ac.kr). Perubahan ini dan, terutama pelestarian sepanjang waktu beberapa domain, menghukum sangat berat dalam peringkat Webometrics. Tapi tentu saja itu juga merupakan praktek yang sangat menyesatkan yang menurunkan visibilitas web universitas. Mungkin itu efek tidak begitu kuat pada penduduk lokal, tapi itu benar-benar membingungkan bagi penonton global.

    Universitas palsu dan tidak terakreditasi. Webometrics mencoba untuk melakukan yang terbaik untuk tidak termasuk lembaga palsu, memeriksa cabang terutama online, internasional dan asing jika mereka memiliki domain web independen atau subdomain. Setiap saran pada isu-isu ini sangat disambut.

    Sumber : http://www.webometrics.info/en

    Previous
    Next Post »